Rabu, 11 Januari 2017

Membuat Tabel Menggunakan Java

Hi teman-teman pada kasus kali ini saya ingin mencoba berbagi pengetahuan tentang membuat tabel dengan menggunakan Java. Sedikit yang saya ketahui tentang materi ini, semoga dapat membantu anda dalam perkuliahan tentang Java. Contoh yang telah saya buat adalah Tabel yang berisikan Jadwal Kuliah. 

Langkah pertama yang kalian lakukan adalah buka aplikasi Java, Disini saya menggunakan aplikasi JCreator LE. Dengan cara klik File lalu New > Project.

Pada Project Tamplate, pilih Basic Java Application kemudian Next.
Lalu pada Project Paths beri nama file kemudian tempatan lokasi file yang akan diletakkan.

Jika sudah masukkan codingan seperti berikut:

import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

public class TabelJava {

    public static void main(String[] args) {

    String [] columNames = {"Senin","Selasa","Rabu"};
    String [] [] tableData = {{"Desain Grafis","Visual Basic","Statistik"},
    {"Lab Desain Grafis","Lab Visual Basic","Lab Statistik"},
    {"Analisis Proses Bisnis","Kalkulus","Sistem Operasi"}};

    JFrame frame = new JFrame ("Jadwal Kuliah");
    JTable table = new JTable (tableData,columNames);
    JScrollPane gridtable = new JScrollPane(table);

    frame.getContentPane().setLayout(new FlowLayout());
    frame.getContentPane().add(gridtable);
    frame.pack();
    frame.setVisible(true);
    frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }
}

Jika sudah,mulailah run atau jalankan
Hasil output yang akan tampil seperti berikut.
Berikut pengetahuan yang dapat saya sampaikan, Sekian penjelasan dari saya.
Jika terdapat pertanyaan dapat ditanyakan di kolom komentar.
Semoga bermanfaat
Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar